Senin, 02 Januari 2012

Tak Pelit Berbagi Ilmu

ARDIAN ‘UUNK’ YONAS
Aktivitas ‘cuap-cuap’ nampaknya tak pernah bisa lepas dari pria yang satu ini. Setelah lama tak terdengar suaranya di sebuah radio komersil di Padang, tiba-tiba suara khas milik Ardian ‘Uunk’ Yonas kembali terdengar di radio komunitas Siaga FM. “Ya, sejak Maret 2011, saya diminta menjadi Station Manager Radio Komunitas, Siaga FM di Pa­dang,” kata Uunk kepada Haluan.
Di mata pria lajang kela­hiran Bukittinggi, 19 April ini, keberadaan radio siaga bencana sangatlah penting sebagai salah satu upaya meningkatkan kesiapsiagaan warga kota Pa­dang terhadap ancaman ben­cana tsunami, sekaligus wadah pendidikan kebencanaan bagi masyarakat pesisir pantai Sumatra Barat. Selain itu, radio juga merupakan bagian dari upaya mensinkronisasikan usaha-usaha penanggulangan bencana, khususnya gempa dan tsumani di wilayah pesisir pantai Barat Padang. Radio juga akan memperkuat lembaga pendidikan formal dalam penanggulangan gempa dan tsunami di Sumatra Barat.
“Dengan demikian, semua informasi tentang kebencanaan, terjadinya bencana dan upaya-upaya penanggulangannya di Sumbar bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Inilah yang mendorong saya untuk konsen ke radio siaga,” tambah lulusan Teknik Arsi­tektur Universitas Bung Hatta yang memulai karier di dunia broadcast sejak 1995 ini.
Bungsu dari tujuh bersau­dara ini merasa terpanggil untuk bersama sama berbagi informasi seputar kesiapan masyarakat untuk menghadapai bencana. Apalagi Sumbar berpotensi bencana. “Bencana tsunami yang terjadi di Jepang, semakin memperkuat saya untuk berkarir di radio ini,” kata peraih 3 besar penyiar terbaik Sumatra Barat tahun 2008.
Di sela waktu luangnya, Konsultan Penyiar dan Pro­gram di radio Top FM Padang Panjang (sejak Oktober 2010 - sampai sekarang) ini sangat suka membaca buku dan brow­sing berbagai ilmu penge­tahuan di internet. “Saya ini pantang ketemu dengan key­board. Kalau ketemu, pasti langsung pengen nyanyi When You Tell Me That You Love Me. Itu lagu ‘wajib’ saya kalau menyanyi,” kata pria yang sudah bekerja di lima radio di Sumbar sejak 1995 ini sambil tersenyum.
Selain itu, karena kepia­waiannya membawakan suatu acara, ia juga sering diundang untuk menjadi MC berbagai iven dan juri di berbagai lomba nyanyi. Bahkan Favorit TV, sebuah TV swasta di Padang, juga menggunakan jasanya sebagai presenter acara ataupun host talkshow sejak awal TV itu berdiri hingga sekarang.
Meski banyak kesibukan, ternyata pria yang cepat akrab dengan semua orang ini, tak pernah pelit untuk berbagi ilmu. Karena itulah, ia pernah diminta menjadi dosen di Universitas Eka Sakti Padang untuk  jurusan Ilmu Komu­nikasi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar